Manajer dan Leader


  • Manajemen merupakan kemampuan kita dalam mengatur sumber daya untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan strategi.
  • Tugas dan pekerjaan manajer adalah : mengatur, mengawasi, mengarahkan, dan evaluasi.
  • Peranan manajer yang utama adalah mengambil keputusan dan merencanakan secara bersamaan.
  • Di Indonesia, hasil dari sebuah management hanya diukur dalam angka, namun pada negara-negara maju lain, keberhasilan management tidak hanya dari pencapaian saja tetapi juga dari prosesnya.
  • Seseorang dapat menjadi pemimpin yang baik jika memiliki beberapa karakter utama yaitu kharismatik, bijaksana,  cerdas, dan sabar.
  • Krisis  merupakan peristiwa yang sangat besar dengan dampak yang sangat besar dan terkadang dapat diatasi dengan sumber daya dari institusi atau lembaga.
  • Fase yang terjadi dalam krisis adalah prodormal, akut, kronis, dan resolusi.
  • Penanganan krisis dapat diatasi dengan mengidentifikasi masalah dan memiliki tim khusus untuk mengatasi krisis.


  • Beberapa jenis kekuasaan pada leader atau manajer adalah:

  1. Legitimate, yaitu pada dasarnya leader/manajer tersebut memiliki kewenangan
  2. Coersive, yaitu kekuasaan yang memaksa sehingga leader/manajer tidak dipermainkan oleh perusahaan
  3. Expert, yaitu leader/manajer yang memiliki keterampilan mengatur bawahan dengan baik
  4. Informasional, yaitu leader/manajer memiliki informasi yang luas sehingga mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu
  5. Reward, yaitu leader/manajer yang menghargai kinerja bawahan dengan sebuah hadiah
  6. - Koneksi, yaitu leader/manajer yang memiliki banyak jejaring
  7. - Acuan, yaitu leader/manajer yang menjadi acuan dalam melakukan sesuatun

Comments

Popular posts from this blog

Table Manner (European Style)

Table manner (Chinese Style)

Peraturan Pemerintah Tentang Label Pangan