Kisah Unik Samgyetang


Samgyetang adalah salah satu makanan tradisional dari korea. Sam berarti ginseng, Gye berarti ayam dan Tang berarti sup, sehingga samgyetang merupakan sup ayam ginseng. Samgyetang terbuat dari ayam utuh yang diisi dengan beras ketan, serta bahan-bahan herbal seperti, ginseng, jujube, bawang putih, dan kacang ginkgo. Kemudian, kedua drumstick diikat dengan kulit dari dada sehingga isi tidak keluar selama perebusan. Sebaiknya menggunakan ayam muda dibandingkan ayam petelur yang sudah tua sehingga ayam tidak alot. Makanan ini meningkatkan nafsu makan dan memberi energi bagi orang-orang yang kelelahan ditengah panasnya hari di musim panas.
Setiap bahan herbal tersebut memiliki efek kesehatan tersendiri. Ginseng efektif mengobatu berbagai penyakit seperti, mencegah penuaan, meningkatkan metabolisme, mengurangi stres, mengatasi diabetes, memperbaiki sistem pernapasan, dan anti karsinogenik. Bawang putih dapat mendetokifikasi tubuh. Jujube dapat melepaskan dahaga. Kacang ginkgo melindungi paru-paru. Samgyetang kaya akan protein, mineral, dan hormon sehingga dapat membantu meingkatkan stamina yang hilang selama musim panas.
Masyarakat korea mengonsumsi samgyetang pada tiga hari spesial di musim panas, yaitu Chobok, Jungbok dan Malbok yang diyakini sebagai tiga hari terpanas sepanjang tahun. Gabungan ketiga hari tersebut disebut dengan Sambok yang berarti ketiga hari panas yang melelahkan. Sambok terjadi sekitar bulan Juni hingga Juli. Chobok merupakan awal dari periode pertama hari yang panas pada musim panas. Sepuluh hari kemudian, terjadilah Jungbok yang merupakan awal dari periode kedua hari yang panas di musim panas, selama 10 hari, Terakhir adalah Malbok yang merupakan awal dari periode ketiga hari yang panas pada musim panas, selama 10 hari.
Samgyetang dikonsumsi pada musim panas berdasarkan pemahaman ilmiah, yaitu melawan panas dengan panas. Pada musim panas, aliran darah meningkat di dekat kulit dan menurun di organ dalam, kurang nafsu makan serta kekurangan energi. Oleh sebab itu, memakan makanan yang hangat seperti samgyetang yang dilengkapi dengan bahan-bahan herbal dapat memfasilitasi peningkatan aliran darah pada organ dalam dan meningkatkan nafsu makan serta energi. Makanan ini juga dapat menurunkan suhu badan dengan mengeluarkan keringat.


Referensi

Chosun Media The Chosunilbo, 2010. Inside Korea. Why Samgyetang is Good for You on Hot Summer Days, 20 juli.
Eaves, G. C., 2016. Korea.net gateway to korea. Malbok, Samgyetang and Bokdarim.

Harim Corporation, 2014. Samgyetang Ginseng Chicken Stew. Samgyetang, Korea's Representative Healthy Food.

Comments

Popular posts from this blog

Table Manner (European Style)

Table manner (Chinese Style)

Peraturan Pemerintah Tentang Label Pangan