Kisah Unik Ayam Goreng Kalasan


Siapa sih yang gak kenal dengan ayam goreng kalasan? Rasanya ayam ini sudah sering terdengar di telinga masyarakat Indonesia khususnya di pulau Jawa. Ayam goreng kalasan adalah yang telah diracik dengan berbagai bumbu kemudian digoreng dan diberi taburan kremes. Ayam ini pastinya beda dari ayam goreng biasanya, umumnya disajikan dalam ukuran 1 ekor utuh. Makanan ini adalah salah satu kuliner Indonesia Khas Yogyakarta khususnya di desa Candisari, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman.
Di desa tersebut terdapat seorang perempuan dari istri petani Jawa yang sering berjualan ayam goreng. Ayam goreng yang dijualnya berbeda dari ayam goreng pada umunya, karena sebelum ayam digoreng, direndam terlebih dahulu dalam bumbu dan rempah – rempah asli Jawa.
Ia kerap menjual ayam goreng tersebut di candi Kalasan bagi para peziarah. Candi Kalasan adalah sebuah kuil kuno agama Budha di Yogyakarta. Ayam goreng tersebut digemari oleh para peziarah. Oleh karena rasanya yang unik serta jarang terdapat di tempat – tempat lain maka, ayam tersebut diberi nama Ayam Kalasan oleh penikmatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Table Manner (European Style)

Table manner (Chinese Style)

Peraturan Pemerintah Tentang Label Pangan