Kisah Unik Si Kenyal Warna - Warni [CENIL]


Sumber: www.majalahkuliner.info

Pernahkah kamu mendengar tentang cenil. Makanan ini adalah salah satu kuliner khas Indonesia loh, khususnya daerah jawa. Cenil adalah jajanan pasar yang berbahan dasar tepung sagu dengan tambahan warna warna yang menarik. Tidak heran kalo cenil bertekstur kenyal. Cenil dibentuk menjadi bulat-bulat kecil seukuran kelereng dengan taburan parutan kelapa dan gula merah.

Pada zaman dahulu, timbul kelangkaan beras di daerah pacitan. Padahal, beras adalah makanan pokok bagi masyarakat pacitan. Hal ini mendorong masyarakat berpikir kreatif, dengan mengolah sagu menjadi sebuah makanan. Sehingga terciptalah cenil, yang berarti centil karena makanan ini berwarna – warni dan menggoda para penikmat makanan ini.

Sumber: Aziz,  2015

Cenil juga memiliki filosofi bagi masyarakat jawa. Cenil yang bersifat lengket dan sulit dipisahkan satu sama lain menjadi bukti bahwa masyarakat jawa memiliki rasa persaudaraan yang erat dan tidak dapat dipecah belah. Cenil harus diwadahi dengan daun pisang yang dipincuk (dibentuk lancip di bagian bawah dan direkatkan bagian atasnya dengan tusuk gigi ). Pincuk merupakan singkatan dari Pinten – Pinen Cukup yang artinya bersyukur.


Cenil sering disantap bersama klepon dan disebut kue ponil (klepon cenil). Kue ponil memiliki nama lain yaitu kue kakak adik

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Table Manner (European Style)

Table manner (Chinese Style)

Peraturan Pemerintah Tentang Label Pangan